Honda Racing Championship, Ajang Pebalap Handal Honda

  • Bagikan

Honda Racing Championship (HRC) 2014 sebagai kawah Candradimuka menuju jenjang balap tingkat dunia tahun ini memasuki tahun ke-12 semakin dikembangkan dengan memperluas wilayah penyelengaraan dan menambah kategori kelas. Penyebaran wilayah melalui dibukanya HRC tingkat regional di luar pulau Jawa di provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

HRC 2014, – PT Astra Honda Motor (AHM) tetap mempertahankan konsep balap yang terbukti mampu mencetak pebalap-pebalap berprestasi dari tahun ke tahun. Untuk mendekatkan para pebalap dengan masyarakat, dibukapaddock visit agar dapat melihat langsung dari dekat paddock tim dan pebalap idolanya. Hal ini diharapkan dapat memperkuat upaya edukasi yang juga diberikan melalui HRC Tour untuk siswa SLTA.

Tahun ini ajang balap motor one make race (OMR) Honda membuka kelas matik di bawah 115cc. Selain itu, kelas khusus 150cc menggunakan Honda CB150R StreetFire kini hadir di kota penyelenggaraan untuk memberi kesempatan para pebalap berlaga dengan motor sport andalan Honda ini. AHM menyiapkan motor balapnya sehinga pembalap yang telah mendaftar dapat langsung menggunakannya di sirkuit.

Kelas Honda CB150R StreetFire ini melengkapi kelas lain yaitu HRC1 (bebek tune-up 125cc 4-tak seeded), HRC2 (bebek tune-up 110cc 4-tak seeded), HRC3 (bebek tune-up 125cc 4-tak pemula), HRC4(bebek tune-up 110cc 4-tak pemula), HRC6 (bebek standar 110cc 4-tak pemula), HRC7 (matic standar sampai dengan 130cc terbuka), serta kelas terbaru HRC8 (matic standar sampai dengan 115cc terbuka).

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra mengungkapkan, “Kami memperluas cakupan kelas dan tempat penyelenggaraan untuk merangkul sebanyak mungkin potensi-potensi balap generasi muda Indonesia. Kami yakin ajang HRC ini menjadi pijakan kuat para pebalap untuk melompat ke jenjang balap yang lebih tinggi.”

HRC tahun ini digelar sebanyak 8 event (5 series dan 3 non-series) di Purwokerto (Jawa Tengah), Cimahi (Jawa Barat),  Malang (Jawa Timur),  Jakarta (DKI Jakarta), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), Medan (Sumatera Utara), dan Semarang (Jawa Tengah).

Balap Internasional
Dalam rangka mengantarkan pebalap Indonesia agar dapat bertanding di ajang MotoGP, AHM melakukan pembinaan skala nasional hingga pembinaan dalam tahap international yang semakin meningkat tahun ini. Para pebalap muda ditempa keterampilan balapnya sejak mulai Honda Racing School, Honda Racing Championship,  OMR Honda CB150R dan Honda CBR250 serta Kejurnas Indoprix maupun Motorprix, sampai terus meningkat ke jenjang yang semakin tinggi.

5 pebalap Honda Indonesia saat ini tengah mempertajam kompetensi balapnya di arena balap international tahun melalui tim Astra Honda Racing Team, yaitu Denny Triyugo dan Dimas Ekky Pratama di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas 600cc, Gerry Salim di ajang All Japan Championship dan CEV Spanish di kelas GP3, serta Andi Gilang dan Aditya Pangestu di ajang Asia Dream Cup  dan Suzuka 2 Hours Endurance Race.

Selain itu, AHM juga mendukung pebalap berbakat Wilman Hammar (ART Jogja), di ajang Asia Talent Cup. Wilman Hammar, Andi Gilang dan Iswandi Muis mengikuti seleksi untuk turut serta dan mempertahankan podium di Suzuka Endurance Race. Sedangkan Dimas Ekky Pratama dan M Fadli disiapkan  AHM untuk bertanding di Suzuka 8 Hours Endurance Race pada awal semester dua tahun ini.

  • Bagikan