Kode Warna Ban MotoGP 2014

  • Bagikan

Pada gelaran MotoGP 2014 Bridgestone akan memperkenalkan kode warna ban baru mereka di pembuka musim MotoGP Qatar. Kabar baik bagi penyuka balap MotoGP tentunya akan lebih mudah menebak pilihan ban yang digunakan pembalap. Pemirsa juga dapat melihat jelas apakah pembalap mengalihkan pilihan ban yang berbeda sepanjang balapan.

Warna yang tertera pada ban mengindikasikan kriteria kompon dari ban itu sendiri. Berikut warna yang digunakan:
Hijau : kompon extra lunak (extra-soft compound)
Putih : kompon lunak (soft compound)
Hitam (tidak ada strip) : kompon sedang (medium compound)
Merah : kompon keras (hard compound)

Warna baru kode sistem ban tidak termasuk dua pilihan ban yang digunakan untuk kondisi basah. Kompon lebih lunak akan dibedakan dengan garis putih. Menurut Hiroshi Yamada – Manager, Bridgestone Motorsport Department, ”Ban baru ini dirancang untuk memudahkan untuk para penggemar melihat setiap pengendara menggunakan kompon ban di bagian depan dan belakang pacuannya”.

Sebelum pengenalan tanda warna yang baru, pilihan kompon lebih lunak hanya digunakan oleh pembalap tim pabrikan dan hanya satu-satunya ban yang ditandai dengan strip warna putih. Di bawah kode warna sistem ban baru sekarang semua pilihan ban yang berbeda tersedia untuk tim pabrikan maupun pembalap kelas terbuka.

  • Bagikan